loading...

Tips Praktis Google Play Store Bagi Pengguna Ponsel Android

Tips Praktis Google Play Store Bagi Pengguna Ponsel Android - Hallo sahabat INFO PENTING, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Tips Praktis Google Play Store Bagi Pengguna Ponsel Android, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Tips Gadget, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Tips Praktis Google Play Store Bagi Pengguna Ponsel Android
link : Tips Praktis Google Play Store Bagi Pengguna Ponsel Android

Baca juga


Tips Praktis Google Play Store Bagi Pengguna Ponsel Android

Bagi para pengguna Android pastinya sudah tidak asing dengan pasar aplikasi yang satu ini. Ya, Google Play Store adalah salah satu produk resmi Google sebagai portal aplikasi Android. Semua aplikasi yang tersedia seperti aplikasi, game, film maupun TV, buku maupun majalah, dan masih banyak lagi.

Google Play sebenarnya bukan hanya berhubungan dengan konten saja, namun juga merupakan sebuah alat yang sangat berharga dalam pengelolaan berbagai perangkat Android Anda, seperti pengaturan pemberitahuan untuk aplikasi dan layanan, memungkinkan pembaruan perangkat lunak otomatis, dan personalisasi pengalaman Android Anda.

Berikut ini kami akan menyampaikan beberapa informasi mengenai Tips lebih praktis ketika menjelajahi Google Play Store bagi pengguna ponsel Android.


1. Kelola perangkat Anda melalui Web

Selain mengakses Google Play store pada perangkat, Anda juga dapat mengakses Google Play melalui browser Web Anda. Tampilan web yang bagus menawarkan berbagai pilihan yang tidak tersedia di toko aplikasi berbasis Android lainnya, termasuk kemampuan untuk melihat dan mengelola semua perangkat Android terkait dengan akun Google Anda .

Untuk melihat semua daftar perangkat Android Anda, silakan kunjungi Google Play di play.google.com. Klik pada pilihan konten dalam menu vertikal di sisi kiri untuk melihat ikon Pengaturan yang terlihat seperti gerigi kecil di bagian pojok kanan atas layar Anda. Klik ikon tersebut untuk melihat daftar perangkat yang terdaftar. (Jika Anda tidak melihat ikon Pengaturan , cobalah memilih opsi konten lain dari menu konten)

Untuk mengubah nama perangkat dalam daftar, klik Edit option, ketik nama baru di kolom nickname, lalu klik Update untuk menyimpan perubahan.

2. Mengelola preferensi e-mail dan notifikasi pada perangkat

Pada layar Pengaturan Google Play juga memungkinkan Anda memperbarui preferensi email Anda dan pengaturan pemberitahuan. Buka pengaturan dasar web Google Play, gunakan proses yang dijelaskan di atas, dan kemudian scroll ke bawah hingga ke bagian bawah layar, setelah itu Anda akan melihat dua kotak centang.

Jika Anda ingin menerima berita dan promosi dari Google Play, centang pada kotak pertama. Jika Anda ingin menerima notifikasi email dari pengembang untuk mendapat umpan balik pada aplikasi yang Anda gunakan, centang pada kotak kedua.

3. Ulasan pemesanan, pelaporan masalah, dan permintaan pengembalian uang

Untuk melihat daftar terpenting dari semua transaksi pembayaran Anda di Google Play Store, Anda dapat melakukannya dengan langkah-langkah berikut:
klik Settings pada ikon Play Store, jangan sampai keliru!
Jangan memilih opsi Pengaturan > klik Pesanan Saya.

Daftar perintah akan memberikan informasi perincian mengenai konten spesifik yang telah Anda beli ataupun download, termasuk nama lengkap item, harga, tanggal transaksi, jenis konten, dan status (lengkap, dibatalkan, dikirim, atau apa pun) . Untuk memfilter daftar pembelian Anda berdasarkan jenis konten, silakan coba gunakan menu Orders di sudut kiri atas (di atas daftar pembelian).

Untuk melaporkan masalah terhadap sebuah atau beberapa aplikasi, produk atau jasa, atau untuk meminta pengembalian dana, silakan cari pembelian tertentu dalam daftar pemesanan dan pilih salah satu yang sesuai keinginan Anda berdasarkan nama yang tertera di dalam daftar tersebut. Satu set tiga titik vertikal akan muncul di sebelah kanan nama. Klik titik-titik tersebut dan pilih opsi Report a Problem.

Nantinya akan muncul jendela popup baru dengan menu drop-down dan satu set pilihan khusus untuk jenis konten. Pilih opsi yang sesuai dari menu, dan Anda akan melihat daftar resolusi yang memungkinkan. Jika saran tidak membantu, mengisi bidang teks dengan detail yang tepat dan mengirimkan permintaan Anda. Anda akan menerima beberapa jenis penerimaan email setelah mengirimkan permintaan tersebut.

4. Lindungi sandi pesanan Anda

Ini adalah ide yang baik untuk melindungi sandi Anda di Google Play Store. Hal ini dimaksudkan agar untuk menghindari pembelian yang tidak diinginkan atau tidak disengaja yang dilakukan oleh orang lain yang sering menggunakan perangkat Anda.

Untuk mengaktifkannya, silakan buka aplikasi Google Play pada perangkat Android Anda, kemudian tekan tiga titik vertikal di pojok kanan atas layar Anda, lalu pilih Settings. Pada bagian kontrol pengguna, Anda akan melihat sebuah kotak. Masukkan sandi (password) dan konfirmasi untuk mengaktifkan pengaturan tersebut.

Setelah mengaktifkan proteksi sandi, Anda akan diminta untuk memasukkan sandi Anda setiap kali Anda melakukan pembelian di Google Play Store. Anda dapat melakukan pembelian tambahan tanpa memasukkan kembali sandi Anda dengan jangka waktu hingga 30 menit setelah pembelian terbaru sukses dilakukan.

Beberapa perangkat mengaktifkan proteksi sandi secara default. Jika proteksi sandi dalam keadaan dicentang (dalam kotak kecil), maka akun Anda sudah dilindungi sepenuhnya.

5. Perbaruan otomatis pada aplikasi Google Play Anda

Pada pengaturan pembaruan aplikasi di Google Play dalam perangkat Anda memungkinkan secara otomatis memperbarui beberapa aplikasi dan permainan, sehingga Anda tidak perlu lagi memperbaruinya secara manual.

Untuk mengaktifkan opsi ini juga pastinya akan mengurangi jumlah potensi gangguan terhadap pemberitahuan update yang Anda terima. Untuk mengaktifkan pembaruan aplikasi otomatis ini, klik ikon Menu (tiga titik vertikal) di sudut kanan atas aplikasi Google Play Android Anda dan pilih Settings.

Di bawah bagian umum, Anda akan melihat opsi untuk Pembaruan aplikasi atau Auto-update apps. Pilih  opsi itu dan konfirmasi pada jendela baru yang muncul nantinya.

6. Menambahkan widget untuk aplikasi baru secara otomatis

Widget merupakan salah satu hal terpenting terkait aplikasi Android. Widget membawa fitur aplikasi ke layar awal Android Anda untuk tampilan cepat. Dan Google Play memungkinkan Anda secara otomatis menambahkan widget ke layar awal Anda untuk setiap aplikasi baru yang Anda download, dengan asumsi bahwa aplikasi sudah terinstall dan telah menjadi widget di perangkat Android Anda.

Jika Anda sering men-download banyak aplikasi, pengaturan ini mungkin sedikit ribet, namun hal itu merupakan sebuah cara yang bagus untuk menentukan aplikasi memiliki widget dengan cepat, maupun widget-widget tersebut berguna bagi Anda atau tidak. Ketika ingin menghapus widget yang tidak diinginkan pun sangatlah mudah .

Untuk mengaktifkan opsi ini, silakan buka aplikasi Google Play, pilih ikon menu tiga titik di sudut kanan atas layar ponsel Anda, dan pilih Settings. Lalu isi kotak di sebelah Auto-app widgets di bagian General.

7. Penyaringan konten Google Play

Google Play menawarkan sejumlah pengaturan filter konten yang memungkinkan Anda untuk membatasi jenis aplikasi yang dapat didownload melalui akun Anda.

Untuk melihat dan mengubah pengaturan konten tersebut, silakan buka aplikasi Google Play, klik ikon menu tiga titik dan pilih Settings. Pada bagian bawah Kontrol Pengguna (User Controls), pilih opsi Penyaringan Konten (Content filtering). Dalam hal ini Anda dapat menyesuaikan pengaturan tersebut dengan mencentang atau menghapus centang di bagian samping lima pilihan filter di bawah 'Allow apps rated for'.

Untuk rincian mengenai setiap pengaturan konten, kunjungi terkait halaman dukungan Google.

8. Telusuri aplikasi baru dan mengirimkannya ke perangkat Anda dari Web

Terkadang lebih mudah mencari aplikasi Android, game atau media baru dengan menggunakan browser Web Anda daripada menggunakan aplikasi mobile. Jika Anda menggunakan kedua ponsel Android dan tablet Android, maka Anda dapat menggunakan antarmuka Web Play untuk mengirim aplikasi baru dan konten ke perangkat tertentu dengan lebih cepat dan mudah.

Ketika Anda menemukan sebuah aplikasi atau pilihan download lain yang sekiranya membuat Anda tertarik saat menggunakan antarmuka Web, tekan Install atau tombol Beli pada halaman download tersebut. Setelah log in ke akun Google, Anda akan diarahkan ke jendela dan melihat tampilan berisi daftar hak akses aplikasi.

Dan di bagian bawah kotak terlihat menu daftar semua perangkat Android yang terkait dengan akun Anda. Pilih perangkat yang ingin Anda kirim suatu aplikasi dan konfirmasi download. Jika Anda ingin men-download aplikasi untuk beberapa perangkat, ulangi proses di atas tadi, tapi kali ini memilih perangkat lain dari menu drop-down.

9. Hapus (remove) perangkat dari menu

Semua perangkat Android yang terhubung ke akun Anda akan muncul di daftar Google Play Anda, tetapi Anda dapat menghapusnya dari menu tersebut dengan memodifikasi pengaturan Visibilitas Anda. Misalnya, jika ponsel terakhir Anda adalah Samsung Galaxy S3, tapi Anda baru saja memperbarui ke Samsung Galaxy S4 dan tidak lagi menginginkan yang lama muncul ketika Anda men-download aplikasi baru dalam antarmuka Web, maka Anda dapat menghapus yang lama tersebut dengan mudah.

Gunakan antarmuka Web, silakan buka menu Settings. Pada halaman My Devices, di bawah kolom Visibilitas, hapus centang pada kotak di samping perangkat atau perangkat yang ingin dihapus dari menu. Kemudian, refresh halaman tersebut dan pastikan bahwa kotak masih dicentang.


Demikianlah Artikel Tips Praktis Google Play Store Bagi Pengguna Ponsel Android

Sekianlah artikel Tips Praktis Google Play Store Bagi Pengguna Ponsel Android kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Tips Praktis Google Play Store Bagi Pengguna Ponsel Android dengan alamat link https://infoegadget.blogspot.com/2014/10/tips-praktis-google-play-store-bagi.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Praktis Google Play Store Bagi Pengguna Ponsel Android"

Posting Komentar