loading...

Cara Mengamankan Ponsel Android Kamu dari Serangan Virus Mematikan

Cara Mengamankan Ponsel Android Kamu dari Serangan Virus Mematikan - Hallo sahabat INFO PENTING, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Mengamankan Ponsel Android Kamu dari Serangan Virus Mematikan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Smartphone, Artikel Tips Gadget, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara Mengamankan Ponsel Android Kamu dari Serangan Virus Mematikan
link : Cara Mengamankan Ponsel Android Kamu dari Serangan Virus Mematikan

Baca juga


Cara Mengamankan Ponsel Android Kamu dari Serangan Virus Mematikan

Keamanan sistem android saat ini masih rentan terhadap serangan virus yang mematikan. Selain mengganggu sistem operasi dari kinerja ponsel android kamu, juga dapat merusak ponsel Android kamu secara total hingga tidak dapat digunakan lagi. Ini merupakan dampak dan akibat paling fatal yang ditimbulkan dari serangan virus.

Selain virus, terdapat juga sistem perusak lainnya seperti malware dan bug yang intensitas serangannya masih lemah. Namun, serangan malware dan bug jangan sesekali dianggap remeh. Jika tidak ditangani secepatnya, malware dan bug lama kelamaan akan menjadi virus yang mematikan sistem di ponsel Android kamu.

Beberapa penyebab rentannya suatu ponsel Android diserang virus sangat bervariasi. Salah satunya pengguna tidak terlalu menghiraukan keamanan ponsel mereka. Hal ini sering terjadi pada pengguna baru yang masih tidak begitu mengerti tentang seluk-beluk sistem Android.

Khusus bagi pengguna baru ponsel Android, sebaiknya tanyakan kepada si penjual yang mengerti masalah keamanan sistem Android untuk diaktifkan segera agar dapat mengantisipasi serangan virus sejak dini.

Nah, berikut ini saya sampaikan beberapa informasi mengenai:

Cara mudah mengamankan ponsel android kamu dari serangan virus mematikan


#1: Wajib menginstal aplikasi dari developer terpercaya

  • Bagi pengguna ponsel Android, berhati-hatilah dalam mendownload aplikasi yang akan diinstal ke ponsel kamu, khususnya tempat kamu mendownload aplikasi tersebut. Saya menyarankan untuk mendownload semua aplikasi di Google Play Store, Samsung Apps, atau Amazon.

    Selain keamanannya terjamin juga aplikasi tersedia merupakan dari developer terpercaya. Memang masalah harganya agak melambung alias mahal dari yang lain, namun keamanan aplikasi di ketiga pasar aplikasi tersebut sangat terjamin.

    Jangan sekalipun mendownload aplikasi apapun selain di Google Play Store, terkecuali situs tersebut memang menyediakan aplikasi dari developer terpercaya. Namun, selain di Google Play Store, aplikasi yang tersedia sebagian besar dari developer tidak terpercaya, sehingga memungkinkan terdapat virus berbahaya di dalam aplikasi tersebut.

#2: Selektif dan teliti dalam memilih aplikasi yang ingin diinstal

  • Ada pepatah mengatakan bahwa "tidak ada yang sempurna di dunia ini". Pepatah ini menggambarkan pada pasar aplikasi terpercaya seperti Google Play Store. Seketat apapun keamanannya, pasti mempunyai kelemahan.

    Nah, kelemahan tersebut dimanfaatkan pihak yang tidak bertanggung jawab untuk menyimpan aplikasi-aplikasi berbahaya. Secara otomatis, aplikasi-aplikasi berbahaya tersebut dengan mudahnya bisa dijangkau oleh user ponsel Android. Dari gambaran tersebut, kamu dituntut harus berhati-hati dan selektif dalam memilih aplikasi yang akan kamu download.

    Saat ini, semakin banyaknya aplikasi bajakan di Google Play Store memungkinkan akan membahayakan ponsel Android para pengguna yang mendownload di situs tersebut. Bisa jadi, aplikasi bajakan yang kamu download itu terdapat kode khusus yang sangat berbahaya yang bertujuan untuk mencuri data-data pribadi Anda.

    Oleh sebab itu, sebelum mendownload suatu aplikasi, sebaiknya untuk membaca dengan seksama penjelasan dari aplikasi tersebut. Jika serasa cukup meyakinkan, silakan download. Tapi, jika serasa ada yang mencurigakan dari penjelasan aplikasi tersebut, sebaiknya jangan didownload.

#3: Setting "Verify Apps" untuk pengamanan lebih ponsel Android

  • Sistem android versi lawas hingga yang terbaru sebenarnya sangat rentan terhadap serangan malware maupun virus, mulai dari android versi 2.1 hingga android versi 5.0. Dalam hal ini, user sebaiknya men-setting keamanan di ponsel masing-masing.

    Langkah-langkah untuk men-setting keamanan di ponsel kamu yaitu:
    Setting > Security > centang Verify Apps

    Settingan keamanan ponsel Android tersebut berfungsi sebagai pengingat bagi user ketika setiap kali user ingin menginstal aplikasi apapun dalam perangkat mereka. Dengan pengingat ini memungkinkan user ponsel Android lebih waspada terhadap aplikasi-aplikasi yang mencurigakan alias bajakan.

#4: Update sistem Android kamu secara berkala

  • Dengan mengupdate sistem Android kamu secara berkala memungkinkan kinerja sistem Android pada ponsel kamu akan lebih responsif dan nyaman dalam penggunaannya.

    Langkah-langkahnya yaitu: Setting > About phone > System updates

#5: Instal aplikasi antivirus (opsional)

Sebenarnya menginstal aplikasi antivirus kurang begitu penting dalam sistem Android, karena memakan kapasitas RAM yang agak besar sehingga mengakibatkan kinerja sistem Android kamu menjadi "lemot". Namun, demi keamanan ekstra untuk ponsel Android kamu, sebaiknya instal 1 aplikasi antivirus untuk mengantisipasi serangan dari malware maupun virus. Kamu bisa mendapatkannya di Google Paly Store, tersedia banyak sekali aplikasi antivirus di sana.

Tapi, saya merekomendasikan untuk kamu agar memilih aplikasi antivirus terbaik dan terpercaya dalam menangani malware dan virus di ponsel android kamu.
  1. Avast! - https://play.google.com/store/apps/details?id=com.avast.android.mobilesecurity
  2. Dr. Web - https://play.google.com/store/apps/details?id=com.drweb
  3. F-Secure - https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fsecure.ms.dc
*****

Dari kelima tips di atas memungkinkan ponsel Android yang kamu punya menjadi lebih aman dari serangan virus. Sebaiknya, terapkan kelima tips di atas dengan baik dan benar agar ponsel Android yang kamu punya bisa bertahan lama untuk penggunaan jangka panjang.

Sekian informasi dari saya mengenai Cara mudah mengamankan ponsel android kamu dari serangan virus mematikan. Semoga informasi ini dapat membantu kamu semua, khususnya bagi pengguna ponsel Android.

Sekian dan Terima Kasih! :)


Demikianlah Artikel Cara Mengamankan Ponsel Android Kamu dari Serangan Virus Mematikan

Sekianlah artikel Cara Mengamankan Ponsel Android Kamu dari Serangan Virus Mematikan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Mengamankan Ponsel Android Kamu dari Serangan Virus Mematikan dengan alamat link https://infoegadget.blogspot.com/2014/10/cara-mengamankan-ponsel-android-kamu.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengamankan Ponsel Android Kamu dari Serangan Virus Mematikan"

Posting Komentar