loading...

6 Cara Menghemat Kouta Internet Agar Tak Cepat Habis

6 Cara Menghemat Kouta Internet Agar Tak Cepat Habis - Hallo sahabat INFO PENTING, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 6 Cara Menghemat Kouta Internet Agar Tak Cepat Habis, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Tips Gadget, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : 6 Cara Menghemat Kouta Internet Agar Tak Cepat Habis
link : 6 Cara Menghemat Kouta Internet Agar Tak Cepat Habis

Baca juga


6 Cara Menghemat Kouta Internet Agar Tak Cepat Habis

Menghemat kuota internet seringkali diabaikan bagi para netter, khususnya bagi pengguna ponsel smartphone yang lagi sudah addicted dengan dunia internet. Ujung-ujungnya, ketika kuota internet mereka habis, mereka bakal merasa kewalahan dan langsung menambah kuota internetnya itu. Alih-alih, uang yang dikeluarkan dari kantong mereka pun tak terkendali. Tak masalah bagi mereka yang punya uang lebih untuk membeli kuota internet tambahan, tapi bagaimana bagi mereka yang sedang sering mengalami krisis keuangan? Seperti anak kos atau anak kuliahan misalnya?

Nah, kali ini kami akan memberikan beberapa tips yang sekiranya berguna dalam menghemat kuota internet agar tidak cepat habis dimakan waktu. Yuk simak ulasan selengkapnya berikut ini.

6 Cara Menghemat Kouta Internet Agar Tak Cepat Habis



1) Manfaatkan koneksi internet gratisan.

Gratisan? wah itu tradisi Indonesia banget, hahaha .. Untuk memanfaatkan koneksi internet gratisan ini, kamu pun bakal keluar modal dari dompet. Tenang, modalnya pun tak sebesar nominal untuk membeli paket kuota internet. Cara ini memanfaatkan koneksi hotspot atau wifi gratis.


Cara ini bisa kamu lakukan di tempat mana saja, seperti di warkop, cafe, atau di telkom yang telah menyediakan fasilitas wifi dengan kecepatan yang bagus. Dari tempat-tempat yang telah kami sebutkan tadi, pilih saja satu atau beberapa tempat tersebut yang sekiranya nyaman bagi kamu untuk berinternetan ria tanpa harus memikirkan kuota internet.

2) Jangan sering buka youtube (live streaming, upload, maupun download).

Perlu diketahui bahwa koneksi internet kamu bakal cepat habis salah satunya karena mengakses website yang menyediakan video-video menarik seperti youtube. Ketika kamu membuka situs youtube, kamu pasti bakal melakukan salah satu aktifitas ini: nonton video secara live streaming, mendownload video, ataupun mengupload video yang kamu miliki dengan alasan ingin eksis di youtube, hehehe.


Dari aktifitas tersebut sebenarnya bakal menguras alias memakan kuota internet lebih besar. Tapi, bergantung juga pada pengaturan dan berbagai faktor lain yang diterapkan oleh masing-masing pengguna. Semisal nih kamu ingin mengupload (mengunggah) video kamu di youtube dengan kualitas HD (High Definition), maka kamu harus siap kehilangan kuota internet kamu sebesar 200 Mb hanya dalam waktu satu menit saja.

Jika kamu sering (bahkan setiap hari) mengupload 1 video per hari di youtube dengan kualitas video HD berdurasi 1 menit, maka kamu harus rela kehilangan kuota internet sebesar 6 Gb dalam sebulan, atau 3 Gb hanya dalam 15 hari (2 mingguan). Ngeselin kan?

Makanya jangan sering-sering pake kuota internet kamu buat melakukan aktifitas ini. Alternatifnya adalah kamu coba saja layanan internet gratisan yang telah kami sampaikan di point 1 agar kouta internet kamu lebih hemat dan pengeluaran uang yang di dompet kamu bakalan hemat.

3) Jangan keseringan chatting (obrolan) via video.

Sudah banyak sekali aplikasi chatting yang menyediakan layanan obrolan video ini, seperti FaceTime atau Skype. Ketika kamu melakukan aktifitas ini, maka kamu bakal memerlukan bandwidth yang cukup besar agar aktifitas mengobrol kamu lancar alias tidak buffering.


Beberapa aplikasi chatting yang menyediakan layanan obrolan video ini memang memakan kapasitas bandwidth yang berbeda-beda, bergantung pada aplikasi yang digunakan serta kualitas (resolusi) video yang digunakan dalam menampilkan obrolan video pada aplikasi tersebut.

Dalam melakukan chatting (obrolan) via video ini umumnya memakan bandwidth sekitar 3 MB per menitnya. Jadi, jika kamu ingin menghemat kuota internet kamu, pastikan bahwa kamu tidak keseringan mengobrol via video dengan pacar maupun sahabat kamu.

4) Jangan keseringan bermain game online.

Ada beberapa game online yang tidak banyak memakan kuota internet, namun ada juga beberapa lainnya yang membutuhkan kuota internet yang sangat besar dalam mengoperasikan game online tersebut.

Game online yang tidak memakan banyak kuota internet seperti Two Dots atau Words With Friend. Kedua game tersebut memakan kuota internet hanya beberapa beberapa Kb (kilobytes) per menitnya, jadi kamu tak perlu khawatir dalam memainkan keseruan game online itu.


Adapun game online yang membutuhkan kuota internet yang besar (biasanya berkategori real-time) seperti Asphalt 8 atau Modern Combat 5: Blackout. Menurut pengalaman kami bahwa kedua game online tersebut memakan kuota internet sekitar 1 MB per menit.

Bayangkan jika kamu bermain salah satu game online tersebut selama berjam-jam (5 jam misalnya), maka kamu bakal siap kehilangan kuota internet sebesar 1,20 Gb. Dan jika kamu keseringan memainkan game online tersebut setiap hari dalam seminggu saja, maka kalikan saja jumlah kuota internet yang tersedot selama seminggu. Kami rasa kantong kamu bakalan habis terkuras hanya untuk membeli tambahan kuota internet saja.

5) Jangan keseringan mendengarkan musik via live streaming.

Banyak sekali layanan music streaming yang tersedia di dunia internet sana yang memudahkan pengguna dalam mendengarkan musik kesayangannya secara praktis, seperti Guvera atau Rdio. Dengan kedua layanan live streaming musik tersebut, para pengguna bakal lebih leluasa dalam mendengarkan musik kesayangannya di mana pun mereka berada dengan catatan harus terkoneksi dengan jaringan internet, entah itu di jalan, di pinggir kali, atau bahkan di toilet sekalipun (hahaha). Layanan streaming musik juga sangat berguna bagi pengguna dalam mengurangi kapasitas penyimpanan file musik pada perangkat mereka.


Namun, dengan layanannya yang serba mudah dan praktis, kamu bakal terkejut dengan kapasitas kuota internet yang anjlok secara drastis, di mana layanan tersebut memakan data yang sangat besar. Nah, ketika kamu sedang mendengarkan musik secara live streaming menggunakan salah satu layanan di atas atau lainnya, maka kamu bakal kehilangan kuota internet sebesar 2,4 Mb per menit. Jika kamu mendengarkan musik selama sejam, maka kamu harus rela kehilangan kuota internet sebesar 115 Mb.

6) Jangan keseringan streaming video.

Selain di youtube, ada banyak sekali situs lainnya yang menyediakan video-video menarik yang siap ditonton bagi para pengguna (ponsel smartphone), seperti iTunes, Vimeo, dan Hulu. Ketiganya sangat praktis dalam urusan streaming video untuk para penggunanya.


Namun, perlu kamu sadari bahwa dalam melakukan aktifitas streaming video merupakan pemakan kuota internet paling 'kejam' alias menyedot kuota internet yang sangat besar. Seperti ketika kamu menonton video via live streaming tersebut, maka data internet yang tersedot bisa mencapai 50 Mb per menit. Bagaimana jika durasi video tersebut selama 30 menit? wakwauu .. :D

Ketika kamu memiliki kuota internet yang sangat terbatas, maka aktifitas ini patut dihindari agar bisa menghemat keterbatasan kuota internet kamu.

***

Sekian tips singkat dari kami, semoga artikel ini bisa memberikan manfaat bagi para netter yang ingin berusaha menghemat kuota internet agar tak cepat habis. Akhir kata, sekian dan terima kasih :)


Demikianlah Artikel 6 Cara Menghemat Kouta Internet Agar Tak Cepat Habis

Sekianlah artikel 6 Cara Menghemat Kouta Internet Agar Tak Cepat Habis kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel 6 Cara Menghemat Kouta Internet Agar Tak Cepat Habis dengan alamat link https://infoegadget.blogspot.com/2015/04/6-cara-menghemat-kouta-internet-agar.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 Cara Menghemat Kouta Internet Agar Tak Cepat Habis"

Posting Komentar