loading...

ASUS ZenFone 2 ZE550ML Review: Smartphone Varian 2 GB Zenfone Generasi Kedua

ASUS ZenFone 2 ZE550ML Review: Smartphone Varian 2 GB Zenfone Generasi Kedua - Hallo sahabat INFO PENTING, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul ASUS ZenFone 2 ZE550ML Review: Smartphone Varian 2 GB Zenfone Generasi Kedua, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel ASUS, Artikel Smartphone, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : ASUS ZenFone 2 ZE550ML Review: Smartphone Varian 2 GB Zenfone Generasi Kedua
link : ASUS ZenFone 2 ZE550ML Review: Smartphone Varian 2 GB Zenfone Generasi Kedua

Baca juga


ASUS ZenFone 2 ZE550ML Review: Smartphone Varian 2 GB Zenfone Generasi Kedua

Iterasi pertama smartphone ASUS ZenFone mendapat respon yang cukup baik dari konsumen dan banyak yang menyebutnya sebagai perpaduan sempurna antara hardware apik, perangkat lunak yang kaya fitur dan harganya pun menarik.

ASUS, sebuah vendor PC raksasa asal Taiwan ini kembali meneruskan kesuksesan seri ZenFone tersebut dengan menawarkan smartphone ZenFone 2 yang bakal meramaikan pasar smartphone dan siap bersaing di Indonesia pada tahun 2015 ini. Ini bukan ZenFone berlayar 2 inci ya, melainkan sebuah kelompok produk Zenfone generasi kedua.

Pada kesempatan MWC beberapa bulan lalu, ZenFone 2 diperkenalkan dalam 2 (dua) varian, yaitu:
  • varian ZE550ML, kapasitas RAM 2 GB dan berlayar HD 720p.
  • varian ZE551ML, kapasitas RAM 4 GB dan berlayar full HD 1080p.

Pada kesempatan kali ini, kami bakal mereview smartphone ZenFone 2 varian 2 GB, yang mana smartphone ini telah menggunakan sistem operasi (OS) terbaru Android Lollipop 5.0 dan dibekali segudang fitur menarik. Nah, seperti apa performanya?

Yuk intip ulasan berikut ini.

1) Desain

152.5x77.2x10.9 mm; 170 gram; full touchscreen; tombol lock/power tombol volume, speaker, port USB, port audio jack 3,5mm.
Masih hadir dengan konsep back over one piece yang bisa dilepas, ASUS memberikan perubahan pada desain ZenFone 2.


Perubahan yang dilakukan sangat terlihat pada penempatan tombol pengatur suara yang diletakkan di sisi belakang (Rear Key). Hal ini tampak seperti meniru cara penempatan tombol kontrol pada produk flagship LG, hanya saja tombol power tetap diletakkan di sisi atas. Selain itu, ASUS juga mengubah penempatan LED Flash menjadi di atas kamera, tidak lagi berada di bawah kamera.

Di sisi belakang smartphone ini tampak menipis di bagian tepi, kemudian melengkung dan lebih tebal di bagian tengah. Meski memiliki dimensi yang besar dengan panjang 6 inci dan lebar sekitar 3 inci, berkat penempatan tombol kontrol dan nyaman saat digunakan dengan satu tangan. Saat digenggam akan terasa semakin nyaman berkat finishing doff di back covernya.

Pada bagian bawah layar, ZenFone 2 menggunakan bezel logam yang memiliki efek kilau cahaya yang berputar. Panel yang mengelilingi layarnya menggunakan plastik hitam mengkilap yang memberikan kesan tegas. Tombol kapasitif Home, Back dan Recent Apps diletakkan tepat di bawah layar.

2) Display

IPS capacitive touchscreen, 16M colours; 720x1280 pixels; 5.5 inches (-267 ppi); Corning Gorilla Glass 3.
Ukuran layar seluas 5,5 inci sudah merupakan suatu keuntungan tersendiri dari ZenFone 2 ini, mengingat memberikan area yang lebih luas bagi pengguna untuk melihat detail saat menampilkan foto, memutar video, berselancar dalam satu aplikasi atau bermain game.

Layar ZenFone 2 dilengkapi dengan resolusi tinggi 1280x720 HD IPS display yang menawarkan sudut pandang yang lebih luas 178 derajat di layarnya. Keparatan pixel 267 ppi menghasilkan kualitas warna yang jernih dan tajam saat digunakan untuk menonton video atau melihat gambar.

Smartphone ini juga dibekali dengan teknologi ASUS TruVivid, sehingga ZenFone 2 mampu memberikan warna yang hidup dan jernih cemerlang. ASUS juga menambahkan aplikasi Splendid yang bisa digunakan untuk mengatur temperatur warna, saturasi dan corak (hue) sehingga layar menampilkan karakter warna yang sesuai dengan selera pengguna.

Layarnya memiliki respon sentuhan yang cepat dan akurat, sehingga pengguna akan merasa nyaman dalam menggunakannya, baik digunakan untuk bermain game atau untuk aktivitas mengetik. Layar smartphone ini mendukung hingga 10 titik sentuhan secara bersamaan, sehingga sangat cocok untuk bermain game ritme atau petualangan yang memerlukan kontrol sentuhan.

Untuk perlindungan layarnya, ZenFone 2 telah dibekali dengan lapisan Corning Gorilla Glass 3.

3) Sistem operasi (OS) dan User Interface (UI)

Android OS v5.0 (Lollipop); ASUS Zen UI.
ASUS telah mempersenjatai smartphone terbarunya ini dengan sistem operasi terbaru pula dari Google, yakni Android Lollipop 5.0. Tak hanya dibekali OS terbaru, ASUS juga membekali interfacenya dengan ZenUI terbaru. Berkat OS Lollipop, tampilannya menjadi lebih segar.


Dari segi homescreen, tampak tidak ada perbedaan dengan yang dibawa dari seri ZenFone sebelumnya. Namun, di App Drawernya tersedia beberapa fitur baru, seperti Smart Folder untuk mengelompokkan folder secara otomatis dan Preferences yang berguna untuk menyesuaikan tampilannya launcher dari mulai Lock Apps Setting, Scroll Animation hingga Icon Pack. Tampilan Notification Drawer bawaan OS Lollipop dikostumasi sedemikian rupa sehingga lebih memudahkan pengguna dalam mengoperasikannya.

ZenFone 2 juga dibekali beberapa fitur khas ASUS, seperti Do It Later, What's Next, Share Link, Party Link, PC Link dan fitur keamanan yang unik. Jika di ZenUI sebelumnya hanya dibekali dengan pilihan User dan Guest Mode, lain halnya pada ZenFone 2 yang telah disediakan fungsi SnapView dan Kids Mode yang bakal membuat privasi pengguna semakin terjamin.

Tampilan ZenUI Home Screen ZenFone 2

Tak hanya itu, ZenFone 2 juga dibekali dengan fitur One Hand Operation yang membuat tampilan layar menjadi lebih kecil, sehingga pengguna bakal mudah mengoperasikannya hanya dengan 1 tangan. Banyak fitur lainnya juga yang bisa mempermudah penggunaannya di menu Setting > ASUS Customised Setting.

4) Hardware

Intel Atom Z3560 Quad-core 1.8 GHz; GPU PowerVR G6430; 2 GB RAM; Internal Storage 16 GB; Eksternal storage up to 64 GB; Non-removable Li-Po 3000 mAh battery.
ZenFone 2 benar-benar hadir sebagai pengembangan dari seri ZenFone sebelumnya. Tidak hanya hadir dengan prosesor yang lebih baru dan mutakhir, ASUS juga menghilangkan teknologi hyper threading besutan INTEL di smartphone terbarunya ini.


Hal ini mungkin dikarenakan banyak pengguna yang mengeluhkan pada seri ZenFone sebelumnya terkait ketahanan baterainya. Sebagai gantinya, ASUS membekali ZenFone 2 ZE550ML dengan prosesor Intel Atom Z3560 arsitektur 64-bit berinti empat dengan clockspeed 1.8 GHz. Kombinasi dapur pacunya ini didukung juga oleh kapasitas RAM sebesar 2 GB, sehingga memberikan kinerja yang cepat dan memuaskan.

Untuk perpindahan aplikasinya pun berjalan smooth meski sedang menjalankan banyak aplikasi di background. Saat digunakan bermain game Minion Rush selama 8 stage, tidak ditemukan kendala walau banyak aplikasi yang sedang berjalan di background.

Kami juga semakin penasaran seperti apa performa varian yang 4 GB?

Kapasitas memori internalnya sebesar 16 GB, di mana pengguna hanya bisa menggunakan 11,5 GB untuk menginstal aplikasi dan data. Sementara itu, jika dirasa kurang puas, pengguna bisa menambahkan serta menanamkan MicroSD hingga 64 GB. Atau pengguna bisa menggunakan ASUS WebStorage yang diberikan secara free sebesar 5 GB.

Kapasitas baterai yang disematkan pada ZenFone 2 ini sebesar 3000 mAh. Saat digunakan beraktivitas seharian dalam konektivitas 3G, baterainya mampu bertahan hingga 12 jam.

5) Multimedia

MP3/eAAC+/WAV player; MP4/MKV/H.264 player; FM radio with RDS; MiniMovie; Photo Collage.
Dari sektor multimedia, ZenFone 2 menggabungkan pengelola gambar dan pemutar video dalam 1 aplikasi Gallery.

Di sini, pengguna bisa dengan mudah memilih kategori file dengan menggeser sisi kiri layar atau menyentuh bar yang ada di pojok kiri atas. Tersedia pilihan kategori berdasarkan Photos, Videos, Albums dan People.

Selain itu juga tersedia pilihan untuk mengakses langsung dari ASUS WebStorage atau layanan Cloud Service lainnya.

Untuk mengasah kreativitas pengguna, ASUS menyematkan fitur Photo Collage dan MiniMovie. Dengan Photo Collage, pengguna bisa berkreasi untuk menggabungkan beberapa foto dalam satu frame. Sementara MiniMovie memungkinkan pengguna untuk membuat video slide dari beberapa foto menggunakan template yang telah tersedia.

Saat digunakan untuk memutar video, ternyata pada pemutar video ZenFone 2 tidak mampu menampilkan caption/subtittle dari film yang sedang diputar. Tapi, hal ini bisa ditutupi dengan menggunakan aplikasi lain dari Playstore.

6) Kamera dan Video

13 MP primary camera (f/2.0), 4128x3096 pixels, autofocus, dual-LED (dual tone) flash; Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR; Video Recorder 1080p @30fps; 5 MP secondary camera.
ZenFone 2 ZE550ML menawarkan kemampuan yang mumpuni. Kamera belakang memiliki resolusi 13 MP dengan bukaan lensa f/2.0. Untuk memberikan hasil jepretan yang sesuai dengan warna asli dari objek gambar, smartphone ini dibekali dual-LED flash dengan teknologi True Tone.

Dengan kombinasi LED cahaya kuning dan putih ini, akan dihasilkan pencahayaan yang alami saat mengambil gambar di dalam ruangan yang intensitas cahayanya rendah. Jangan takut kehilangan moment yang berlangsung cepat, karena kamera ZenFone 2 memberikan pengalaman nol shutter lag.

Dengan kamera depan beresolusi 5 MP, ZenFone 2 sudah tentu akan mampu memuaskan hasrat pecinta selfie. Kamera depannya dibekali Wide Angle 85 derajat yang bakal memberikan kenyamanan untuk bergroufie ria. Bahkan, dengan selfies panorama di aplikasi kameranya, ZenFone 2 mampu menangkap gambar hingga 140 derajat.

Sama seperti seri ZenFone sebelumnya, smartphone ini juga dibekali dengan teknologi PixelMaster yang menyediakan Mode Low Light, sehingga mampu menangkap foto atau video yang jelas meski di malam hari. Selain itu, tersedia juga 15 mode pengambilan gambar lainnya yang akan membantu untuk menghasilkan gambar yang menakjubkan layaknya seorang fotografer profesional.

Untuk aktivitas Selfie, tersedia fitur Beautification yang memberikan sentuhan beautify secara langsung saat mengambil gambar. Hasil gambarnya benar-benar tajam dan detail. Namun, hasil kamera depannya dirasa pada kontrasnya terlalu over.

Aplikasi kamera dapat dengan mudah diakses dari mode screen lock dengan double klik tombol volume, dengan terlebih dahulu mengaktifkan fungsi ini di Setting > Lockscreen. Kamera ZenFone 2 mampu merekam video hingga resolusi Full HD 1080p, baik dengan kamera depan maupun kamera belakangnya.

7) Internet & Konektivitas

GSM 850/900/1800/1900, HSDPA 850/900/1900/2100, LTE band 1(2100), 2(1900), 3(1800), 4(1700/2100), 5(850), 7(2600), 8(900), 20(800); Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, Wi-Fi Direct, hotspot; Bluetooth v4.0, A2DP, EDR; Micro-USB 2.0; USB OTG.
Untuk urusan konektivitas, ZenFone 2 terbilang memiliki konektivitas utama yang sangat lengkap. Smartphone dengan kapabilitas dual SIM ini mampu berjalan di jaringan 2G, 3G dan 4G pada SIM 1, sedangkan SIM 2 hanya mampu berjalan pada konektivitas 2G.

Dukungan konektivitas 4G-nya telah mampu berjalan di band 5 (850 Hz), yang berarti sudah sesuai dengan frekuensi yang sudah ada di Indonesia.

Selain itu, tersedia juga dukungan WiFi. Tak lupa juga disematkan Bluetooth untuk kemudahan bertukar file dengan pengguna lain. Sayangnya, ASUS melewatkan keberadaan NFC di smartphone terbarunya ini.

Namun, sebagai gantinya, ZenFone 2 dibekali banyak fitur khusus untuk koneksi dengan perangkat lain, seperti Share Link, Party Link dan PC Link.

8) Fitur Khusus

ZenMotion, SnapView dan Kids Mode.
ZenMotion adalah fitur yang serupa dengan Quick Reach Gesture pada OPPO, yang mana pengguna bisa memberikan perintah langsung dengan menggambar gesture tertentu (Huruf W, S, e, C, Z dan V) pada saat layar mati.

Seperti menggambar C pada saat layar mati untuk membuka aplikasi kamera. Tak hanya itu, ASUS juga membekali ZenFone 2 dengan fitur Double Tap to Wakeup.

Fitur khusus lainnya adalah SnapView. Jika Mode User dan Guest digunakan untuk membatasi akses aplikasi oleh orang lain, SnapView digunakan untuk membatasi privasi gambar atau video yang ada di galeri pengguna. Semua gambar atau video yang ada diambil di mode SnapView tidak akan bisa dilihat di posisi User atau Guest Mode. SnapView bisa diakses di menu Setting > Users > Add User.

Sementara itu, bagi orang tua yang khawatir anaknya menggunakan smartphone untuk hal-hal yang tidak baik, ASUS menyediakan Kids Mode di ZenFone 2. Dengan Kids Mode, para orang tua dapat membatasi aplikasi dan mengatur situs apa saja yang bisa diakses oleh anaknya.

9) Harga

Untuk harga ASUS ZenFone 2 ZE550ML dibanderol dengan harga Rp3.300.000,-. Dari kecanggihan spesifikasi dapur pacu yang mumpuni dan desain ponsel premium, jadi smartphone ini terbilang cukup terjangkau, kan?

Khusus bagi Anda yang ingin membeli smartphone ASUS ZenFone 2 ZE550ML ini secara online di Lazada, silakan kunjungi link ini: www.lazada.co.id.

10) Kelebihan & Kekurangannya

Kelebihan ASUS ZenFone 2:
  • Desain premium
  • Harga relatif terjangkau
  • Performa responsif
  • Kamera dengan Dual-LED True Tone
  • ZenUI dengan banyak fitur baru

Kekurangan ASUS ZenFone 2:
  • Layar belum Full HD.

11) Kesimpulan

Dukungan fitur:
  • 3G/HSDPA: YA
  • 4G/LTE: YA
  • WiFi: YA
  • Bluetooth: YA
  • Infrared: Tidak
  • Browser: YA
  • GPS Internal: YA
  • NFC: Tidak
  • OS Terbuka: YA
  • Java MIDP: YA
  • USB On The Go: YA
  • Email: YA
  • Music Player: YA
  • Video Player: YA
  • Video Call: YA
  • Radio FM: YA
  • Memori Eksternal: YA
Sebagai penerus dari seri ZenFone sebelumnya, ZenFone 2 ZE550ML sukses membedakan diri baik dari segi hardware maupun software yang dibawanya. Dengan harga yang ditawarkan, apa yang dimiliki smartphone ini bisa dikatakan melebihi ekspetasi. Hadir dengan desain premium, membawa Rear key yang memudahkan pengguna dan layar lebar yang responsif, hingga performa bebas 'lag' ala produk flagship.

Belum lagi sektor kameranya yang membawa kamera utama beresolusi 13 MP dengan Dual-LED True Tone dan kamera depan beresolusi 5 MP yang memiliki beragam mode pengambilan gambar, sehingga membuat pengguna merasakan pengalaman menjadi fotografer pro.

ZenFone 2 tidak hanya menawarkan desain yang baru, namun ASUS juga menawarkan pengalaman baru dari sistem operasi Android Lollipop 5.0 dengan harga yang cukup terjangkau. Melihat strategi "merusak harga" seperti ini, sepertinya ASUS bisa kembali mencuri kursi sebagai salah satu pemain utama yang layak dipertimbangkan di sektor smartphone.

Untuk lebih jelasnya, kami juga menyajikan video singkat dari ASUS Customer Service (Global) di Youtube yang menampilkan fitur-fitur di ZenFone 2 berikut ini:



Demikian ulasan kami terhadap smartphone terbaru ZenFone 2 ZE550ML dari ASUS. Terima kasih bagi Anda yang telah membaca ulasan ini hingga akhir. Semoga bermanfaat bagi semuanya. Jangan lupa baca juga ulasan menarik lainnya yang telah kami publish di blog ini. Salam.


Demikianlah Artikel ASUS ZenFone 2 ZE550ML Review: Smartphone Varian 2 GB Zenfone Generasi Kedua

Sekianlah artikel ASUS ZenFone 2 ZE550ML Review: Smartphone Varian 2 GB Zenfone Generasi Kedua kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel ASUS ZenFone 2 ZE550ML Review: Smartphone Varian 2 GB Zenfone Generasi Kedua dengan alamat link https://infoegadget.blogspot.com/2015/04/asus-zenfone-2-ze550ml-review.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "ASUS ZenFone 2 ZE550ML Review: Smartphone Varian 2 GB Zenfone Generasi Kedua"

Posting Komentar