loading...

8 Tips Cara Merawat Layar Smartphone Agar Lebih Awet dan Tahan Lama

8 Tips Cara Merawat Layar Smartphone Agar Lebih Awet dan Tahan Lama - Hallo sahabat INFO PENTING, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 8 Tips Cara Merawat Layar Smartphone Agar Lebih Awet dan Tahan Lama, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Smartphone, Artikel Tips Gadget, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : 8 Tips Cara Merawat Layar Smartphone Agar Lebih Awet dan Tahan Lama
link : 8 Tips Cara Merawat Layar Smartphone Agar Lebih Awet dan Tahan Lama

Baca juga


8 Tips Cara Merawat Layar Smartphone Agar Lebih Awet dan Tahan Lama

Merawat layar smartphone sebenarnya mudah kok, bahkan tidak sesulit yang Anda bayangkan. Bahkan untuk semua layar gadget seperti smartphone, tablet, maupun phablet sangat mudah merawatnya, asal tau cara-cara yang benar dan tepat. Jika melakukan perawatan yang salah, bisa saja layar smartphone Anda menjadi cacat, bahkan rusak.

Smartphone, phablet maupun tablet bisa termasuk dalam perangkat yang rentan terhadap kerusakan. Apalagi untuk mengganti bagian yang rusak tersebut dibutuhkan pengeluaran yang sekiranya lumayan besar. Meskipun smartphone, phablet maupun tablet mempunyai sertifikat tahan guncangan atau benturan, namun tetap saja semua gadget memiliki kelemahan. Namanya juga buatan manusia, pasti tidak sempurna dan pastinya mempunyai banyak kekurangan dan kelemahan.

Dengan kekurangan dan kelemahan tersebut, kita sebagai pengguna gadget dituntut harus menangani hal tersebut. Salah satu kelemahan yang ada pada smartphone adalah rentannya kerusakan yang terjadi pada layar. Layar memang menjadi salah satu kelemahan terbesar pada smartphone, dan juga sangat rentan terhadap kerusakan.

Melihat kelemahan dan kekurangan terbesar pada layar smartphone, banyak sekali perusahaan-perusahaan gadget yang melengkapi produknya dengan teknologi tercanggih agar layar dari produknya itu awet alias tidak cepat rusak. Salah satu antisipasinya adalah produk smartphone dilengkapi teknologi dari Gorilla Glass, di mana Gorilla Glass ini terbuat dari kaca aluminosilikat alkali.

Meskipun produk smartphone yang telah dipasang dengan teknologi pelindung layar terbaik, namun masih ada kemungkinan yang tak terduga terhadap layar tersebut, entah itu layar rusak atau pun layar pecah.

Untuk itu, kami memberikan beberapa informasi mengenai tips dan cara merawat layar smartphone agar tetap awet dan tahan lama, serta tips ini juga bertujuan agar mengurangi kemungkinan terjadinya kerusakan pada layar smartphone maupun gadget Anda. Berikut infonya:

#1: Jangan gunakan alat lain selain jari maupun stylus pada layar

Tips Cara Merawat Layar Smartphone Agar Lebih Awet dan Tahan Lama
image source: webwib.com

Meskipun layar smartphone Anda dilengkapi anti-gores yang tergolong kuat, bukan berarti hal tersebut dapat menutupi kemungkinan yang pada akhirnya akan menyebabkan kerusakan juga. Disarankan bagi pengguna smartphone agar menggunakan stylus atau juga jari tangan dalam pengoperasiannya. Jangan menggunakan alat lain selain itu, agar tingkat goresnya bisa dikurangi.

#2: Hindari penekanan yang keras pada layar

Tips Cara Merawat Layar Smartphone Agar Lebih Awet dan Tahan Lama
image source: www.samsung.com

Untuk hal ini, sangat sering sekali terjadi pada pengguna smartphone yang sedang asyik bermain game. Saking asyiknya, ia terkadang lupa sesaat bahwa game yang dimainkannya berasal dari smartphonenya sendiri. Oleh karena itu, kontrol penekanan pada layar smartphone pada saat penggunaannya. Jangan sampai melakukan penekanan yang terlalu keras yang nantinya akan berakibat rusaknya layar pada smartphone Anda.

#3: Hindari sinar matahari langsung ke layar smartphone

Dengan menghindari sinar matahari secara langsung ke layar, maka hal ini dapat menjaga kualitas layar LCD smartphone Anda.


Karena jika layar smartphone Anda terkena sinar matahari secara langsung, hal itu akan membuat kualitas LCD pada layar akan berkurang, bahkan pengaturan cahaya dan warnanya pun menjadi kurang optimal.

#4: Gunakan flip cover atau casing penutup pada smartphone

Maksud penggunaan flip cover atau casing penutup pada smartphone adalah agar layar tidak gampang tergores karena hal-hal lain yang ada di sekitar Anda.
Seperti, ketika Anda menyimpan smartphone tanpa flip cover si saku celana yang tidak Anda sangka terdapat uang recehan koin, kunci motor, maupun kunci mobil, maka kemungkinan tergoresnya layar smarthpone Anda akan sangat besar.

#5: Hindari penggunaan kuku saat menekan layar

Tips Cara Merawat Layar Smartphone Agar Lebih Awet dan Tahan Lama
image source: www.wellcommshop.com

Kebanyakan pengguna smartphone Android menggunakan kuku pada layar ponsel mereka. Belum lagi kuku yang tajam, keras, mampu merusak layar smartphone. Hal ini sangat tidak baik bagi layar smartphone Anda.

Sebaiknya, hindari kebiasaan menekan atau mengetuk tombol smartphone dengan kuku, agar layar smartphone Anda awet dan tahan lama.

#6: Gunakan kain atau lap khusus saat membersihkan layar smartphone

Hal yang satu ini sangat mempengaruhi kualitas ke-kinclong-an layar smartphone. Pada saat membersihkan layar, jangan gunakan kain atau lap sembarangan! karena layar smartphone sangat sensitif terhadap objek yang tersentuh langsung dengan layar tersebut.


Sebaiknya gunakan kain atau lap khusus pada saat membersihkannya, seperti menggunakan kain berbahan microfiber yang memang khusus diciptakan untuk membersihkan layar perangkat mobile atau juga kacamata. Sebagai tambahan saja, sebaiknya tambahkan cairan pelembap, cairan pembersih atau sejenisnya untuk dioleskan secara merata dan secukupnya, serta bersihkan layar smartphone Anda secara perlahan.

#7: Jangan biarkan layar aktif dalam waktu yang lama

Dengan membiarkan layar ponsel tetap aktif dalam jangka waktu yang lama dapat mengurangi kualitas warna dan intensitas komponen emisi cahaya yang dimiliki sebuah perangkat mobile. Hal ini sering dikenal dengan istilah Burn-In. Memang istilah ini masih belum banyak yang mengetahuinya dan bahkan sering disepelekan.


Permasalahan Burn-In ini sering sekali terjadi pada produk smartphone Samsung, khususnya Galaxy Note. Masih belum ada fitur otomatis dalam mengatasi hal ini. Biasanya, untuk menonaktifkan layar ponsel setelah digunakan, para pengguna smartphone Samsung harus melakukannya secara manual.

Untuk mengantisipasi hal ini, sebaiknya agar Anda menonaktifkan layar smarphone pada saat tidak digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama atau Anda juga dapat mengatur perangkat agar layar dapat dinonaktifkan secara otomatis ketika tidak digunakan dalam waktu beberapa menit.

#8: Jangan sampai terjatuh maupun terbentur

Kejadian terburuk yang satu ini memang sering terjadi bagi pengguna smartphone dalam keadaan lalai terhadap smartphonenya. Ketika pengguna ponsel sedang asyik melakukan suatu aktivitas lain, sedangkan ponselnya berada di dekatnya dan sedikit terlupakan, maka kemungkinan besar hal ini bisa terjadi.


Misalnya, Anda sedang asyik ngobrol dan bercengkerama bersama teman-teman di sebuah cafe, sedangkan ponsel Anda diletakkan di atas meja tepat di samping tangan kanan maupun tangan kiri Anda, lalu tanpa sengaja Anda menyenggol ponsel hingga terjatuh ke bawah dan membentur ke tanah. Lalu, Anda pun sesegera mungkin mengambilnya dan mengelusnya seperti kucing. Di sisi lain, penyesalan pun datang secara tiba-tiba.

Nah, ilustrasi di atas menunjukkan bahwa kemungkinan terburuk selalu datang tanpa di duga. untuk itu, jangan sampai smartphone Anda terjatuh dan membentur pada benda yang keras. Karena hal tersebut dapat mempengaruhi layar, komponen atau hardware di dalamnya.

***

Sebagai pengguna smartphone yang baik, pastinya perawatan yang baik terhadap ponselnya akan selalu dilakukan dengan cara yang benar. Dan juga selalu mewaspadai kejadian-kejadian buruk maupun kelalaian dari penggunanya sendiri yang akan menimpa smartphone yang mereka miliki dengan melakukan antisipasi yang tepat untuk menanganinya.

Demikian informasi ini saya sampaikan, kurang lebihnya mohon dimaafkan. Terima kasih atas kunjungan Anda di blog D&G ini, tepatnya di artikel tentang 8 Tips Cara Merawat Layar Smartphone Agar Lebih Awet dan Tahan Lama.

Jika Anda punya permintaan, saran dan kritik silahkan berkomentar di bawah ini.


Demikianlah Artikel 8 Tips Cara Merawat Layar Smartphone Agar Lebih Awet dan Tahan Lama

Sekianlah artikel 8 Tips Cara Merawat Layar Smartphone Agar Lebih Awet dan Tahan Lama kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel 8 Tips Cara Merawat Layar Smartphone Agar Lebih Awet dan Tahan Lama dengan alamat link https://infoegadget.blogspot.com/2014/11/8-tips-cara-merawat-layar-smartphone.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "8 Tips Cara Merawat Layar Smartphone Agar Lebih Awet dan Tahan Lama"

Posting Komentar